Jangan Menyerah
Lukas 5:17-20

Dalam sebuah dongeng, seluruh warga kota sangat khawatir karena hujan tidak juga turun. Mereka takut panennya akan gagal karena kekeringan. Akhirnya, kepala suku memanggil seluruh pendoa syafaat yang ada di daerah itu, mereka diminta untuk berdoa agar Tuhan memberi hujan.

Ada sekitar sepuluh orang pendoa, bersama-sama seluruh warga kota berdoa memohon hujan pada Tuhan. Hari pertama hujan belum juga turun. Bahkan sampai satu minggu belum juga terlihat tanda-tanda hujan akan turun. Setengah dari pendoa itu mulai menyerah. Warga juga mulai menyerah berdoa dan resah melihat hal itu.
Dua minggu berlalu, tinggal tersisa tiga orang pendoa yang masih terus berdoa memanggil hujan. Namun, saat menginjak minggu ketiga, tinggal satu orang pendoa tua saja yang masih tersisa. Warga menunggu dengan perasaan cemas. Setelah satu bulan, tiba-tiba hujan turun dengan deras; warga pun sangat gembira.
Lalu kepala suku memanggil pendoa itu, sambil bertanya "Apa rahasianya, sehingga engkau terus berdoa meminta hujan? Padahal teman temanmu yang lain sudah menyerah." Lalu pendoa tua itu berkata, "Rahasianya, saya tidak akan berhenti berdoa pada Tuhan sampai hujan turun."
Firman Tuhan hari ini berkisah tentang empat orang yang menggotong orang lumpuh kepada Tuhan Yesus. Mereka menunjukkan semangat pantang menyerah untuk mencapai tujuan, walau kelihatannya tidak mungkin,, walau ada hambatan. Tetapi mereka tidak menyerah. Mereka terus berusaha. Mereka mengusung temannya; berusaha membawa temannya masuk; naik ke atap; lalu membongkar atap dan menurunkan orang itu. Dan . . . Hasilnya, Tuhan Yesus menyembuhkan orang lumpuh itu. Sebuah keuletan cepat atau lambat akan mendatangkan hasil. Saat kegagalan datang apakah kita akan menyerah? Bangkitlah dengan iman, dan berusahalah terus. Sebab, segala perjuangan pasti akan menghasilkan kemenangan. Tuhan Yesus telah memberikan teladan bagi kita yang percaya kepada-Nya. Via Dolorosa dijalani penuh dengan kesulitan, bahkan kesengsaraan. Tetapi Tuhan Yesus terus maju, tidak menyerah, sampai salib bahkan sampai berhenti nafas-Nya. Hasilnya? Bukan kematian yang kekal, tetapi kebangkitan, kehidupan yang kekal. Beriman pada Tuhan Yesus, JANGAN MENYERAH . . .


Pdt. Nurkiana Simatupang
(2012-03-22)
Reflexion List of GKI Taman Aries
Gereja Kristen Indonesia © 2008. Design and Development by Aqua-Genesis.